Acerca de

FAQ

Festival Mimpi Ibu 2021

Apa itu Festival Mimpi Ibu?

Sebuah rangkaian acara virtual untuk merayakan mimpi ibu yang terdiri dari webinar, presentasi bisnis ibu, dan kompetisi digitalisasi bisnis ibu.

 

Mengapa Festival Mimpi Ibu Desember 2021 mengangkat tema “Digitalisasi Bisnis Merata untuk Ibupreneur”?

Selama pandemi, penjualan online meningkat menjadi 65%. Sayangnya, baru 21% pelaku UKM yang melakukan penjualan via online. Sebagai platform belajar online untuk ibu pelaku bisnis (ibupreneur), Ibu Punya Mimpi ingin mendorong lebih banyak ibu untuk memiliki bisnis di dunia online agar bisa berkembang juga bersaing di dunia digital. Selain itu, sebagai usaha pemerataan akses pengetahuan akan bisnis digital, 15% keuntungan dari FEMPI kali ini akan dialokasikan untuk pengembangan program belajar bisnis untuk ibu di Banyuwangi dan Bekasi.

 

Sudah berapa kali FEMPI diadakan dan bagaimana respon peserta?

500++ ibu bergabung dan merayakan mimpinya bersama FEMPI.

FEMPI sudah diadakan sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada Desember 2020 dan April 2021 (dalam rangka Hari Kartini).

 

“Love banget ini, ilmunya relate banget untuk ibu yang mau tetap produktif, bermimpi, walau di rumah bersama keluarga” - Irna Diana, FEMPI April 2021

 

Ada rangkaian acara apa saja di FEMPI Desember 2021?

Terdapat 3 acara utama dalam FEMPI Desember 2021, yaitu:

  • Webinar Bekal Mimpi Ibu

Rangkaian webinar yang membekali ibu terkait informasi berbisnis di era digital. Webinar yang akan dibawakan oleh para pakar dan ibu inspiratif. 

  • Presentasi Bisnis Ibu untuk Ibu

Sesi perkenalan bisnis yang menghubungkan antara ibu pelaku bisnis/ organisasi dengan ibu yang ingin menjadi reseller/agent/kontributor/tim dari bisnis yang melakukan presentasi. Setiap bisnis akan mendapatkan kesempatan untuk presentasi selama 5-10 menit dan sesi tanya jawab dengan peserta selama 5-10 menit.

  • Kompetisi Digitalisasi Bisnis

Kompetisi yang menantang ibu untuk menjadikan bisnisnya menjadi digital.

Terdapat 2 kompetisi:

  • Toko Online Bisnis Ibu

  • Social Media Makeover

Untuk mengikuti kompetisi, ibu diwajibkan untuk mengikuti rangkaian proses belajar mini-bootcamp.

 

Apakah peserta harus mengikuti semua rangkaian atau bisa memilih salah satu?

Untuk bisa benar-benar merasakan manfaat FEMPI, ibu disarankan mengikuti keseluruhan rangkaian FEMPI, tapi ibu juga bisa memilih kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan ibu. Berikut detail pilihan yang bisa ibu pilih:

  • Ibu bisa ikut sebagai peserta webinar bekal mimpi ibu dan menyaksikan rangkaian acara lainnya, yaitu: hadir menyaksikan presentasi bisnis ibu untuk ibu dan menyaksikan kompetisi digitalisasi bisnis ibu. Kalau ini yang ibu mau, bisa beli tiketnya di sini (link tiket)

  • Ibu bisa ikut sebagai bisnis yang presentasi dalam Bisnis ibu untuk ibu. Kalau ibu memiliki bisnis yang ingin dikenal lebih banyak orang, acara ini cocok untuk ibu. Dengan ikut presentasi dalam bisnis ibu untuk ibu, ibu sudah langsung mendapatkan akses ke webinar bekal mimpi ibu. Kalau ini yang ibu mau, bisa beli tiketnya di sini (link tiket)

  • Ibu bisa ikut sebagai peserta kompetisi. Kalau ibu ingin mendigitalisasikan bisnis ibu lebih baik lagi, kompetisi wajib ibu ikuti! Dengan ikut kompetisi, ibu sudah langsung mendapatkan akses ke webinar bekal mimpi ibu. Kalau ini yang ibu mau, bisa beli tiketnya di sini (link tiket)

 

Kompetisi di FEMPI 2021 ada dua jenis, apa perbedaanya?

Dalam FEMPI 2021 terdapat dua jenis kompetisi, yaitu:

  • Toko Online Bisnis Ibu; Ibu akan membangun website atau toko online di e-commerce yang kemudian dipresentasikan. Penilaian berdasarkan apakah website/toko online yang dibangun bisa menjawab masalah yang bisnis ibu miliki. Sebelum mengikuti kompetisi, ibu perlu mengikuti rangkaian mini-bootcamp Digitalisasi Bisnis Ibu pada Bulan November (link daftar)

  • Social Media Makeover; Ibu akan membuat perencanaan marketing sosial media yang baik dari segi branding dan perencanaan pemasangan ads. Penilaian berdasarkan apakah perencanaan yang dibuat bisa menjawab masalah yang bisnis ibu miliki. Sebelum mengikuti kompetisi, ibu perlu mengikuti rangkaian mini-bootcamp Optimalisasi Marketing Strategy pada Bulan November (link daftar)

 

Mengapa Ibu Punya Mimpi memilih tanggal 22 Desember untuk mengadakan FEMPI 2021?

22 Desember merupakan Hari Ibu Nasional yang dicetuskan karena bertepatan dengan Kongres Perempuan I pada 22 Desember 1928 yang didorong oleh semangat untuk mengubah nasib perempuan Indonesia. Sejalan dengan semangat itu, FEMPI ingin merayakan momen 22 Desember dengan mendorong para perempuan khususnya ibu untuk lebih bertumbuh bersama dengan percaya dan mengambil langkah atas mimpi-mimpinya.

Siapa yang bisa merasakan manfaat FEMPI 2021?

Seluruh perempuan Indonesia khususnya ibu yang memiliki semangat untuk belajar bisnis dan pengembangan diri. 

 

Bagaimana cara mendapatkan tiket Festival Mimpi Ibu 2021?

Ibu bisa membeli tiket untuk seluruh rangkaian Festival Mimpi Ibu 2021 di ibupunyamimpi.org

 

Memilih kegiatan yang cocok untuk ibu

 

  • Aku baru punya ide bisnis, kira-kira aku bisa mendapat manfaat apa ketika aku ikut Festival Mimpi Ibu?

Ketika ibu sudah punya ide bisnis, webinar bekal mimpi ibu dalam FEMPI 2021 bisa menjadi sumber inspirasi untuk ibu lebih mematangkan ide yang sudah ibu punya. Ibu juga bisa mendapatkan ilmu dari para pembicara melalui bagaimana cara mereka mulai membangun bisnisnya.

 

  • Bisnisku baru berjalan 6 bulan dan sudah mempunyai profit walau masih belum stabil, rangkaian acara apa yang cocok untukku?

Rangkaian webinar bekal mimpi ibu dan kompetisi digitalisasi cocok sekali untuk ibu. Melalui rangkaian webinar bekal mimpi ibu, ibu bisa mempelajari bagaimana para pembicara membuat strategi dalam menghadapi pasang surut di awal bisnis. Di sisi lain, melalui kompetisi digitalisasi, ibu mulai bisa mengembangkan dan mengoptimalkan bisnis ibu dalam platform digital

 

  • Kompetisi apa yang sekiranya cocok untukku?

Terdapat dua jenis kompetisi, ibu bisa memilih berdasarkan yang ibu cari:

  • Toko Online Bisnis Ibu; Kompetisi ini cocok untuk ibu yang ingin sekali memiliki website atau toko online di e-commerce yang ramai juga memudahkan pembeli untuk mengakses produk bisnis ibu. Kompetisi ini cocok untuk semua jenis bisnis baik jasa, makanan/minuman, fashion, mainan/pakaian anak, dan lainnya.

 

  • Social Media Makeover; Kompetisi ini cocok untuk yang sedang stuck dengan strategi pemasarannya dan ingin menjangkau lebih banyak pembeli di dunia digital melalui iklan, memperbaiki branding, dan strategi sosial media. Kompetisi ini cocok untuk semua jenis bisnis baik jasa, makanan/minuman, fashion, mainan/pakaian anak, dan lainnya.

Saya keberatan membayar untuk tiket Festival Mimpi Ibu 2021, apakah ada hal yang saya bisa lakukan untuk bisa mendapatkan tiket?

Jika ibu keberatan dengan biaya acara tetapi memiliki keinginan yang besar untuk belajar, ibu bisa mengirimkan e-mail ke josephine@ibupunyamimpi.org berisikan nama, no WA, dan motivasi mengapa ibu sangat ingin ikut FEMPI. Setelah itu, tim kami akan menghubungi ibu untuk langkah selanjutnya.

 

Bergabung sebagai Partner dalam FEMPI 2021

Bagaimana jika brand/ organisasi berminat untuk bergabung dan menjadi sponsor FEMPI 2021?

Untuk brand/organisasi yang ingin mendukung mimpi ibu dalam FEMPI 2021, bisa menghubungi Tim Partnership kami di aulia@ibupunyamimpi.org

 

Aku berminat untuk mengikuti program Fellowship untuk membantu Ibu mendigitalisasi bisnisnya, Apa persyaratannya?

Program Fellowship FEMPI 2021 merupakan kesempatan bagi teman-teman (baik perempuan maupun laki-laki) yang memiliki semangat mendukung mimpi ibu untuk terlibat. Dalam program ini, para teman-teman fellowship program akan mendampingi ibu belajar dan membangun bisnis digitalnya. 

Program ini terbuka untuk teman-teman yang:

  • Peduli terhadap pemberdayaan perempuan

  • Memiliki pengetahuan dasar komputer dan data entry

  • Memiliki pengetahuan tentang Canva, Adobe, dan basic design tools lainnya.

  • Memiliki pengetahuan dasar tentang marketing

  • Memiliki pengetahuan dasar untuk membuat toko di e-commerce

  • Nilai plus jika memiliki pengalaman membangun website atau strategi marketing.

 

Tentang Mini Bootcamp November

Apa itu Mini Bootcamp?

Sebuah program belajar yang menggabungkan pengalaman belajar melalui pre-recorded video dan kelas live virtual. Program ini memberikan kesempatan bagi para ibu memegang kendali atas proses belajarnya karena waktu belajar bisa disesuaikan dengan ketersediaan waktu juga kecepatan masing-masing ibu. 

 

Bagaimana cara belajar di Mini Bootcamp?

Ada 5 langkah sederhana belajar di program Mini-bootcamp.

  1. Ibu mendaftar kelas yang diinginkan di ibupunyamimpi.org dan melakukan pembayaran.

  2. Ibu akan mendapatkan e-mail undangan untuk masuk di Whatsapp Group (WAG).

  3. Dalam WAG ibu akan dipandu untuk mengakses materi belajar yang diperlukan di dalam platform belajar Ibu Punya Mimpi. Ibu langsung bisa mengakses materi belajar dan mengikuti challenge (tugas sederhana) yang diberikan.

  4. Pada tanggal yang sudah diinformasikan untuk masing-masing kelas, ibu perlu hadir untuk sesi onboarding via zoom (kelas pembuka yang akan berisi penjelasan mengenai program dengan lebih jelas).

  5. Di akhir sesi, ibu akan diundang untuk mengikuti sesi tanya jawab via zoom dengan tutor yang bersangkutan dengan kelas yang ibu ambil. Di sesi ini, ibu berkesempatan untuk bertanya apa saja mengenai keraguan atau tantangan yang ibu temui selama belajar.

 

Berapa lama total belajar online di Mini bootcamp?

Dalam setiap seri mini-bootcamp rata-rata terdapat 3 video materi belajar, 3 challenges, dan 1 kali sesi tanya-jawab dengan tutor. Total waktu pembelajaran di bawah 5 jam untuk durasi 2 minggu waktu penyelesaian.

 

Perangkat apa yang dibutuhkan untuk belajar dengan nyaman di Mini Bootcamp?

Ibu hanya butuh handphone atau laptop yang nyaman untuk ibu gunakan.

 

Bagaimana cara membayar dan mendaftar Mini Bootcamp?

Ibu bisa mendaftar dan memilih mini-bootcamp sesuai kebutuhan di ibupunyamimpi.org. Dalam proses mendaftar, ibu bisa memilih metode pembayaran yang paling mudah untuk ibu. Pilihannya:

  • Manual transfer. Setelah mendaftar, ibu melakukan pembayaran via transfer dan melakukan konfirmasi dengan mengirimkan bukti transfer ke Bu Mina di +62 813-1555-1834 atau klik link ini

  • Credit Card. Metode pembayaran ini ibu bisa langsung lakukan saat mendaftar di website kami.

 

Saya keberatan untuk membayar uang MIni Bootcamp, adakah hal yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan akses Mini Bootcamp secara gratis?

Jika ibu keberatan dengan biaya acara tetapi memiliki keinginan yang besar untuk belajar, ibu bisa mengirimkan e-mail ke josephine@Ibupunyamimpi.org berisikan nama, no WA, dan motivasi mengapa ibu sangat ingin ikut Mini-bootcamp. Setelah itu, tim kami akan menghubungi ibu untuk langkah selanjutnya.

 

Setelah menyelesaikan Mini Bootcamp, saya mau mendaftar ke Kompetisi. Apa yang harus saya lakukan?

Ibu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi di ibupunyamimpi.org secara gratis 

Kontak Ibu Mina

Ibu bisa mengisi form dibawah ini untuk kontak Ibu Mina, atau klik link ini untuk langsung komunikasi via WhatsApp

Thanks for submitting!